Studi Kualitas Pelayanan Gizi Pasien Dengan Pendekatan Input, Proses, Output Di Instalasi Gizi di RSUD Salewangang Maros
DOI:
https://doi.org/10.52103/jmch.v2i3.534Keywords:
Instalasi Gizi, perencanaan anggaran, perencaan belanjaAbstract
Latar Belakang: Berdasarkan Hasil survey selama turun lapangan ada beberapa kendala yang disebabkan karena pandemi saat ini,keterbatasan dalam mewawancarai informan,yang awal perencanaan informan sebanyak 10 dengan berbgai macam jenis penyakit,akan tetapi pada saat dilapangan tidak diperbolehkan untuk bertemu dengan pasien.Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi lebih mendalam kualitas pelayanan gizi berdasarkan pendekatan input-proses-output Di Instalasi Gizi RSUD salewangang Maros tahun 2020”. Metode: Analisa kualitatif Sebagai bahan informasi bagi Rumah Sakit yang menjadi lokasi penelitian untuk merancang strategi kualitas pelayanan gizi pasien ataupun tindakan inovatif dalam upaya melakukan peningkatan kualitas pelayanan.Dilakukan dengan cara wawancara kepada kepala instalasi Gizi. Hasil: informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala instalasi Gizi. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian Jumlah tenaga Di instalasi Gizi terdapat 35 orang terdiri dari kepala instalasi ,13 nutriosionis 22 tenaga pramusaji ,sedangkan sarana prasarana terdiri dari ruang kepala instalasi, ruang staff, ruang penyimpanan bahan makanan kering dan bahan makanan basah, ruang pengolahan, ruang pendistribusian makanan dan gudang penyimpanan peralatan.